Membangun “Ketegasan” menjaga “Kedekatan

Bersikap tegas tidak otomatis membuat jarak guru dengan siswa menjadi jauh. Sementara kedekatan belum tentu meruntuhkan wibawa seorang guru dimata siswa-siswanya. Ini lah yang harus diyakini oleh semua guru. Dalam kondisi tertentu, seorang guru dituntut bisa bersikap tegas sekaligus dekat dengan siswa-siswanya. Kondisi seperti itu bisa diwujudkan jika guru menempuh cara-cara yang benar ketika menghadapi siswa-siswanya. Cara terbaik agar guru disegani dan dihormati oleh siswanya yaitu dengan membuat siswa merasa nyaman dan senang saat berdekatan dengan gurunya, bukan dengan membuat para siswa menjadi sungkan dan takut.

Kedekatan dengan siswa merupakan modal utama bagi seorang guru agar siswa dapat menghormatinya dengan tulus. Namun, harus diingat bahwa kedekatan yang dibangun bukanlah kedekatan yang kebablasan, tetapi kedekatan yang terbingkai rasa hormat para siswa kepada gurunya, jika kedekataan ini tercipta maka segala ucapan dan perintah sang guru langsung ditaati oleh siswanya meskipun mereka sedang asik bermain.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi disamping langkah-langkah di atas yang bisa dilakukan guru agar bisa disegani oleh para siswanya adalah:

  • Keteladanan;
  • memiliki prinsip;
  • siswa tau yang guru mau;dan
  • tepat dalam mengkomunikasikan hukuman.

Di ambil dari http://www.blog-guru.web.id/2011/11/membangun-ketegasan-menjaga-kedekatan.html dengan sedikit tambahan dari penulis.